22 Agustus 2007

MySpace, sang juara

MySpace muncul pada tahun 2003, kemudian langsung bisa mengalahkan Friendster, dan sekarang menjadi situs terpopuler ke-6 di dunia, berdasarkan Alexa. Grafiknya bisa dilihat di post sebelumnya.

Klik gambar untuk perbesar.


Alasan kenapa dulu orang-orang Barat ramai-ramai meninggalkan Friendster ke MySpace sampai sekarang masih menjadi topik diskusi menarik di Silicon Valley. Ada banyak sekali teori, tapi tidak akan dibahas pada post ini.


Tom, maskot MySpace?

Ketika pertama kali mendaftar di MySpace, pengguna akan langsung mendapatkan "teman" pertama, yaitu Tom. Siapakah Tom ini? Dia adalah Tom Anderson, dan bersama dengan Chris DeWolfe, bisa dibilang adalah pencipta situs MySpace. Dan sekarang Tom udah menjadi semacem icon atau maskot MySpace, yang udah sampai dibuat parodinya di film dan lagu.

Profil pada MySpace memiliki fitur-fitur yang sangat lengkap. Blog, kalender, upload musik dan video, dan lain-lain. Halaman profil bisa di-customize dengan sangat bebas, karena kita diperbolehkan mengutak-atik CSS dan HTML dengan leluasa sekali. Jadi, pengguna bisa bebas menaruh (embedding) video, foto, dan musik pada halaman profil. Fitur blog di MySpace dibuat sederhana dan mudah dipakai, dan ditambah juga dengan adanya statistik jumlah pageview.


Blog standar di MySpace.

Fitur-fitur lain lumayan standar, seperti Bulletin dan Groups. Classifieds juga ada, yaitu tempat menaruh semacem iklan baris seperti di koran. Classifieds dibuat berdasarkan kota (City) kemudian dikategorikan lagi, menjadi Jobs, For Sale, Housing & Rentals, dan bahkan Casting Calls! Ada yang tertarik jadi aktris atau model iklan sabun? Dapat dicari di MySpace.

Fitur yang lebih baru adalah MySpace News, yaitu semacam fitur social bookmarking atau news aggregator seperti Digg dan Reddit, dimana pengguna dapat men-submit link berita atau media lain, dan kemudian berita tersebut dapat di-voting tingkat "menarik"-nya oleh pengguna lain. Dan bila banyak yang voting "menarik", maka berita itu akan naik dan muncul di halaman utama. Tetapi sepertinya sementara fitur ini masih sepi.


Halaman muka bagian humor MySpace News.

Ada satu lagi yang menarik, dan mungkin agak eksklusif untuk MySpace. Yaitu halaman resmi (official) profil celeb, film, dan band. Ya, di MySpace Music, hampir semua band yang ada di dunia memiliki profil resmi, misalnya Avenged Sevenfold, Muse, Feist, dan banyak sekali lainnya. MySpace juga menjadi ajang untuk memperkenalkan band-band baru. Anda pasti pernah baca, bahwa banyak band (bahkan ada band Indonesia), yang mendapatkan deal rekaman karena "ditemukan" di MySpace.

Profil resmi Avenged Sevenfold.

Tentu saja MySpace masih jauh dari sempurna. Banyak sekali kritikan terhadap MySpace. Mulai dari halaman profil yang acak-acakan, spam dan virus, sampai pedofil!

Kebebasan meng-edit CSS dan HTML ternyata memiliki akibat yang fatal. Pemakai MySpace tentu saja tidak semuanya mengerti CSS dan HTML, selain itu pastinya banyak orang yang tidak memiliki jiwa seni. Akibatnya, banyak sekali halaman profil yang ancur, acak-acakan, dan tidak sedap untuk dilihat. Mulai dari tabel-tabel yang ukurannya terlalu besar, pemilihan warna yang absurd sampai tidak terbaca dan merusak mata, sampai pemakaian Flash yang berlebihkan sampai membuat hang browser web kita, hal-hal ini menjadi masalah utama MySpace yang sangat sering ditemukan.


Contoh profil yang ancur.

Hal kedua yang paling annoying tentang MySpace adalah spam. Spam, misalnya pesan tidak jelas, iklan, sampai link ke situs berisi virus dan spyware sempat menjadi masalah besar bagi MySpace. Bagian comments sering menjadi penuh dengan spam. Dan kita juga sering mendapatkan friend request dari profil-profil yang sebenarnya berisi spam. Untungnya, masalah ini sudah mulai berkurang, dengan diterapkannya langkah-langkah pencegahan oleh MySpace. Kalimat yang sering ditemukan pada profil-profil orang adalah: "spam is killing myspace", dan sepertinya ini benar.

Tiba-tiba mendapatkan Friend Request dari cewe seksi? Kemungkinan itu
adalah account spam bot, dan akan segera dihapus oleh MySpace.

Di Amerika, sering sekali MySpace digunakan oleh pedofil dan penjahat kelamin untuk mencari mangsa. Apakah ini relevan untuk pengguna di Indonesia? Mungkin tidak, tapi yang jelas, MySpace sudah menghapus lebih dari 29.000 account tersangka penjahat sexual (sex offender) Amerika.

Jumlah member dari Indonesia di MySpace sudah sangat banyak sekali, mungkin di Indonesia tidak sepopuler Friendster, tapi kalau anda suka situs social networking dan belum daftar di MySpace, situs ini wajib untuk dicoba!

3 komentar:

Amir Karimuddin mengatakan...

Myspace AFAIK sudah semakin declining... dan di US sendiri sepertinya Facebook growth-nya lebih gede. So far, User Interface Facebook jg lebih appealing ;)

RD mengatakan...

>Myspace AFAIK sudah semakin
>declining... dan di US sendiri
>sepertinya Facebook growth-nya lebih
>gede. So far, User Interface
>Facebook jg lebih appealing ;)

Ya betul. Tapi sementara jumlah penggunanya masih jauh diatas Facebook. Dan bila MySpace bisa merapikan interfacenya, kemudian merilis semacam APPS seperti di Facebook, mungkin MySpace bisa tak terkalahkan.

Thanks for the comment! :)

funny mengatakan...

ada yang tau cara nroh gambar, foto, video, musik di myspace ga???
saya coba coba ko ga bisa bisa ya////!!!!